>
THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

8 Jan 2012

Pengertian Dasar Dasar Harddisk/HDD


Fungsi harddisk atau yang sering disingkat HDD yaitu untuk penyimpanan data yang cukup besar ,fungsi harddisk hampir mirip dengan alat perekam tape audio. Dua teknologi yang berbeda didalam drive tape yaitu memakai bahan lapisan bawah rekaman sebagai potongan plastik  panjang yang dilapisi kumparan dan harddisk memakai disk metal yang keras.

Komponen Utama Pada Harddisk

ӿ Piringan beserta Harddisk
Semakin kemajuan teknologi sekarang banyak produksi yang memakai piringan gelas,karena dapat dibuat lebih datar dan permukaan yang lebih halus dengan mudah dan mempunyai kekakuan yang lebih kuat .Kualitas pirinang tersebut lebih penting utama dalam beberapa drive baru yang berputar lebih cepat dibanding drive biasa. Disk tidak berubah ( drive nonaktif ),spring yang lemah menekan tiap bagian head yang berhubungan dengan permukaan piringan. Head berombak  dalam lingkaran yang dibuat oleh disk yang berubah dibantu udara yang mengalir melewati head cukup kuat untuk mengangkat head dari permukaan meski jaraknya sangat kecil.

ӿ Track  dan Cylinder
Pada dasarnya hampir sama ,dengan head assembly yang dikerjakan pada satu posisi. Setiap head melacak ring bundar dipermukaan piringannya.Ring disebut juga sebagai track sedangkan hasil atau informasi  yang direkam oleh ring disebut sector. Track dengan angka sama yaitu semua track  permukaan untuk satu posisi head assembly membentuk apa yang dimaksud cylinder . Jumlah cylinder atau track per piringannya yang dimiliki sebuah harddisk tergantung pada lebar sempitnya track dan ukuran track, untuk mengetahui operasi yang dilakukan head actuator. Harddisk yang sebenarnya memiliki sekitar beberapa ratus hingga ribuan cylinder.

Tiga produk Hard Drive yang standar
Spesifikasi dari interface ini memiliki aspek pertama yaitu : menyangkut deskripsi kabel dimana letak controller dan drive dapat berkomunikasi dengan penghubung pada akhir kabel tersebut. Berikut memberikan efek tegangan level dan tanda waktu untuk tiap kawat dan yang lainnya adalah aspek logis.

             ESDI.( Enhandced small Device Interface ) dibuat pada tahun 80-an.standar dengan ST412/ST506 dengan dua kabel disambungka ke PC yang satu dengan 34 kawat dan yang satunya lagi dengan 20 kawat.
             SCSI .( Small Computer system Interface ) disk interface yang sangat berbeda SCSI pertama kali dikembangakan pada akhir tahun 1970 dengan nama SASI (Shugart Associates System Interface) Hal terpenting yaitu interface diperkirakan hanya intelligent device yang dilekatkan dengan  kabel penghubung menggunakan slave device dan SCSI master yang saling berbagi suatu kabel tunggal.
             IDE / ATA . untuk berhubungan dengan komputer drive IDE  tidak menggunakan sebuah slot bus, ciri atraktif IDE . Dengan menggunakan connector khusus pada motherboard yang fungsinya minislot yang memuat lintasan signal slot bus diperlukan interface IDE dan punya nama resminya yaitu ATA ( AT Attchment ). Standar ATA ini membutuhkan sekitar 40 pin connector dari rancangan tertentu dari signal yang diambil dari standar PC input /ouput bus.

         



Share/Bookmark

No comments: